ArUeLL site
this site the web

Nonton TV dulu.... :d

G pake repot... Yg penting lagi online "aja dimana":d==> Live TV (Mivo TV-RCTI-TRANS TV-SCTV-GLOBAL TV):


Hukum Penyingkatan Kata "ASS, WR.WB, SAW, SWT"


"Hukum Penyingkatan Kata "ASS, WR.WB, SAW, SWT"

Banyak saudara kita yang menulis ucapan salam, ucapan sholawat dan asma Allah dengan singkatan, baik itu di commet-commet, di sms, dll. Kita tahu bahwa menulis tidaklah beda dengan kita berbicara kepada orang lain, yang mana disitu ada malaikat yang senantiasa mencatat perbuatan tersebut.


Sekecil apapun perbuatan itu pasti ada nilainya disisi Allah, dan sesungguhnya amal ibadah seseorang itu tergantung dari keikhlasan masing-masing individu, kalaulah kita hendak bersholawat, hendaknya menuliskannya dengan lengkap (tidak dengan menyingkatnya) , sebagai bukti keikhlasan kita dalam mengamalkannya.

insya Allah dengan membiasakan ini amalan kita akan menjadi sempurna, Inilah adab kepada Allah dan Rasul-Nya yang harus kita perhatikan. Berikut adalah fatwa-fatwa ulama seputar masalah penyingkatan kata:

Fatwa Syaikh Wasiyullah Abbas (Ulama Masjidil Haram, pengajar di Ummul Qura)

Soal:
Banyak orang yang menulis salam dengan menyingkatnya, seperti dalam Bahasa Arab mereka menyingkatnya dengan wrwb islam Fatwa Larangan Penyingkatan Salam dan Shalawat Dalam bahasa Inggris mereka menyingkatnya dengan “ws wr wb” (dan dalam bahasa Indonesia sering dengan “ass wr wb” – pent). Apa hukum masalah ini?

Jawab:
Tidak boleh untuk menyingkat salam secara umum dalam tulisan, sebagaimana tidak boleh pula meningkat shalawat dan salam atas Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam. Tidak boleh pula menyingkat yang selain ini dalam pembicaraan.

Diterjemahkan dari www.bakkah.net
Fatwa Lajnah Ad-Daimah (Dewan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia)



Kesimpulan:

Sebagai muslim yang baik alangkah baiknya jika kita (q, kamu, dia, semua) dalam berdoa apalagi doa yang super singkat itu yaitu memanggil salam meski hanya dalam tulisan agar tidak di singkat, penulisan Ass yang di maksudkan Assalamuaiakum berpeluang tidak terjawabnya salam tersebut namun hanya di baca sebagai “ASS” dan hanya membtuhkan jwaban “WASS” nah dari sini seolah kandungan makna doa pada kata -kata tersebut sudah hilang


 Kita tidak boleh menyingkat salam dengan cara apapun, misalnya "assalaamu'alaikum wr.Wb.", menyingkat sholawat seperti SAW atau menyingkat lafadz dengan SWT. Alasannya seperti yang telah dijelaskan oleh ulama-ulama diatas karena didalamnya ada bentuk do'a dan pengagungan kepada Allah yang telah disyari'atkan, Misal ada orang menyingkat "Allah SWT" berarti dia telah menyelisihi bentuk pengagungan yang telah di syari'atkan, hendaknya dia menulis "Allah Subhanallahu wa ta'ala". Ada juga yang menuliskan ALLAH dengan huruf "4JJ1", di sarankan agar kita juga tidak menulis lafadz Allah seperti ini "4JJ1" karena penganut Agama lain telah menyelewengkan maknanya menjadi "For Judas Jesus Isa Al-Masih". Maha suci Allah dari ucapan seperti ini. hal ini agar tidak di anggap hal yang spele lagi, ini menyangkut pengakuan seorang hamba yang mengagungkan Tuhanya Alla Azza wa jalla. 
mohon maaf bagi pembaca non muslim, uraian kesimpulan ini hanya meluruskan kami sesama muslim saja
piece
 
"jadilah muslim yang bangga pada agamamu"

0 comments:

Posting Komentar

 

Tujuan Hidup apa si..

Hidup itu untuk makan, orang makan biar hidup kq mkannya bakso terus ya.. hehe.. pantesan g' gemuk** ya.. mikirin pa ja si?. hmm.. mkirin cew g juga:d mikirin kuliah tu kleleran smua.

Usage Policies

MET NYASAR DI BLOGNYA ORANG YG SUKA CEMBRUT SNDIRI DI WC..:d, BLOG INI DIBUAT ISENG DOANG KQ BUAT QM YG NYASAR DISINI JNGAN LUPA TINGGALIN COMMENT YA..;)